Mewaspadai Ancaman ‘Supervirus’

19 Nov 2010

Apakah ’supervirus’ itu? Saya tambahkan dalam tanda petik karena ia bukanlah soal heboh virus dengan nama lain Cyberworm Stuxnet yang telah merusak 6 juta lebih komputer pribadi dan 1000 komputer di berbagai perusahaan China beberapa saat lalu. Ia lebih dari sekedar itu. Untuk menjawabnya, marilah kita ingat-ingat terlebih dahulu dan melihat para pengguna internet di sekitar kita.

Adakah mereka yang dulunya baik, lalu menjadi jahat? Adakah mereka yang dulunya kreatif & produktif, lalu menjadi malas? Adakah mereka yang dulunya familiar, lalu menjadi penyendiri atau sebaliknya liar? Kasus pembunuhan istri oleh suaminya di Inggris hanya karena FB (BBC, 23/01/2009), atau laporan KPAI bahwa ada 33 bocah diperkosa setelah pelaku melihat adegan mesum artis dari internet (Republika, 24/06/2010).

Semua ini merupakan sedikit dari contoh yang ada. Dehumanisasi, demoralisasi dan anti sosial merupakan aksi dari ’supervirus’ ini. Saya menyebutnya dengan ’super virus’ karena yang dirusak adalah orangnya (brainware), bukan lagi sekedar hardware dan softwarenya.

virusVirus semacam ini akan menular melalui transfer informasi yang tanpa batas dan tanpa kendali. Nilai dan norma kemanusiaan, moral dan sosial dapat digerus habis oleh virus ini. Hebatnya lagi, virus yang ini lebih banyak menyerang bloggers muda. Ia tidak perlu kabel data untuk menyerang sampai ke otak pengguna internet. Dalam perspektif neurologis, signal audio-visual dari internet yang ditangkap oleh indra akan secepat kilat direspon secara otomatis oleh neuron dalam otak. Dan otak akan mengatur kesinambungan metabolisme anggota badan.

Jika hal ini berlangsung secara berkelanjutan, maka virus itu tanpa disadari akan bersemayam dalam hati penyuka online, seperti nge- blog atau jejaring lainnya. Awalnya mungkin mereka bisa berdalih tidak akan sampai tertular. Namun, tanpa disadari suatu saat nanti mereka akan melakukannya. Setidak-tidaknya, mereka bersikap lebih lunak terhadap virus-virus tersebut dengan segala dampaknya. Keberlanjutan input negatif pada diri anak, sangat dilarang oleh Nabi Muhammad Saw. Diceritakan dalam hadits l? tuzrim?hu sebagai berikut.

Dari Ummi Fadlal Ra. bahwa seorang anak telah pipis di pangkuan Rosulullah, sehingga membasahi pakaian beliau. Sang ibu kemudian merenggutnya dari pangkuan Rosulullah dan memarahinya dengan kasar. Rosulullah sangat tidak berkenan dengan pemandangan itu, sehingga dia bersabda: Jangan engkau hardik untuk hentikan pipisnya. Kotornya pakaian ini dapat dibersihkan dengan air, tetapi apakah kamu dapat menghilangkan kotornya jiwa anak ini akibat perlakuan kasarmu. Demikian dikutip Quraish Shihab (1997) dalam bukunya Wawasan Al-Quran.

Karenanya, kehadiran Kampanye Internet Sehat patut mendapat dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat. Kampanye yang juga dimotori oleh blokdetik itu seringkali mengadakan even-even yang banyak merangsang kreatifitas positif kalangan muda. Salah satunya ajang Festival Blog 2010 dengan tema Internet Sehat Bikin Hebat. Mari bersama bergabung dalam komunitas blogger blogdetik! Dan ikuti kompetisinya. Jika tidak, minimal kita harus peduli dengan upaya memasyarakatkan internet sehat dan menyehatkan masyarakat internet.

Janganlah kita hanya berdiam diri. Kita mungkin ragu untuk menyampaikannya secara lisan, kepada siapa dan di mana? Jangan khawatir, anda bisa sampaikan via blog! Natalia Ginzburg, sosiolog Itali, dalam quoate oh the day yang pernah dimuat dalam harian Seputar Indonesia (4/10/2007), mengatakan: Setiap hari sikap diam telah menelan para korban. Memilih Cuma berdiam diri adalah penyakit yang mematikan. Saya yakin yang dimaksud mematikan oleh Ginzburg di atas adalah bukan semata-mata mematikan secara fisik, tetapi juga mental, sosial dan segala hal yang terkait dengan eksistensi diri sebagai manusia.

Tentu anda tidak ingin sakit atau bahkan mati bukan? Ayo kita nge-blog sehat, dengan cara berbagi apa pun yang anda rasakan positif, informatif, dan konstruktif. Lalu, lihatlah ke depan apa yang terjadi!, anda akan mendapati diri sebagai bagian orang-orang hebat. [mt]


TAGS internet Festival BLOG 2010 sehat anti virus Blog hebat supervirus cyberworm Stuxnet


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post