Tak Cukup Safety Riding Hanya Dengan UU Lalu Lintas

7 Jan 2011

kecelakaan-motorSepeda motor menjadi kendaraan pilihan sebagian besar masyarakat, termasuk saya atau juga anda. Di samping secara ekonomi lebih ekonomis, kendaraan ini lebih rekreatif dan dianggap lebih mampu menembus kemacetan kota. Hanya saja, disadari atau tidak, kendaraan roda dua lebih banyak meminta korban jiwa di jalanan sehingga. Buktinya, rilis data statistik korban kecelakaan lalu lintas pada kendaraan roda dua setiap tahun meningkat di berbagai daerah, sehingga pemahaman safety riding perlu ditingkatkan. Di Kabupaten Lumajang misalnya, meski kecelakaan lalu lintas diklaim mengalami penurunan 59% dibanding tahun lalu, namun jumlah korban meninggal tahun 2010 lebih tinggi, yaitu 82 jiwa. Padahal tahun sebelumnya 67 jiwa (beritajatim.com).

Safety riding diharapkan mampu mengurangi pengalaman buruk saat naik kendaraan seperti sepeda motor. Apalagi sampai mengancam jiwa. Seperti kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kelurahan Unyur, Kota Serang, Banten (ruanghati.com. 29/08/2009). Juli Triastuti, 21, yang mengendarai Honda Karisma A 5608 H akhirnya tertabrak KA Banten Expres No KA 854 dari arah Serang. Saat melintas, dia sambil nelpon. HP-nya diselipin di helm, jadi dia nggak dengar ada kereta lewat, ujar Neni, salah seorang saksi mata. Atau seperti kecelakaan maut di Pesing, Grogol, Jakarta Barat (kompas.com, 29/12/2010). Disinyalir akibat ngebut, dua kendaraan roda dua bernomor polisi B 3361 BCZ dan B 6344 NRT akhirnya tewas. Demikian, dan masih banyak lagi contoh lain kasus mengemudi dengan mengabaikan safety riding yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Untuk mendukung program safety riding, dan menekan angka terjadinya kecelakaan lalu lintas maka pemerintah telah memberlakukan UU 29 tahun 2009 mengenai lalu lintas. Salah satu hal baru dalam UU ini, adalah denda yang nominalnya cukup tinggi bagi setiap pelanggaran. Misalnya mengemudi kendaraan sambil menelpon, maka yang bersangkutan akan kena pasal Pasal 283, yaitu Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (Download lengkap UU 29/2009, silahkan klik di sini).

Dengan demikian, patut didukung sosialisasi dan pelatihan safety riding sesuai dengan UU 29 tahun 2009 yang telah dilakukan berbagai pihak berwenang. Salah satunya seperti oleh Polres Mojokerto Kota (beritajatim.com, 03/12/2010). Para pelajar mendapatkan prioritas menjadi peserta karena menurut Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota, AKP Kaspiyo, banyak kasus kecelakaan lalu lintas menimpa kendaraan bermotor di jalan raya yang melibatkan para pelajar sebagai pelaku. Hanya saja, UU 29 tahun 2009 ini akan menjadi isapan jempol semata, jika tidak dibarengi dengan kesadaran dari kita semua untuk mematuhinya. Bahkan, juga kepatuhan dari polisi sekalipun. Ini merupakan langkah awal bagaimana naik kendaraan secara aman (safety riding). Lho, kok begitu?, apa peraturan saja tidak cukup?

Benar! Sebab safety riding memang tidak cukup dengan kemampuan intelektual seperti menghafal butir-butir pasal dalam UU tersebut. Pasalnya, mengemudi kendaraan bermotor yang berakibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya lebih banyak menuntut kecerdasan emosional. Misalnya, banyak pelajar jika didahului oleh rekan atau pengendara lain, dia malah balas mendahului juga. Inilah problem emosional yang jika tidak mampu dikendalikan maka akan berlanjut terjadi kebut-kebutan. Selain itu, strategi sosialisasi dan pembelajaran safety riding bisa dilakukan di sekolah-sekolah dan disampaikan tidak hanya secara verbal. Harusnya disertai dengan demonstrasi, simulasi dan bahkan dramatisasi untuk menggali kecerdasan emosional pengemudi dalam safety riding. Ayo! Mari kita sadar safety riding. ;-)

Baca pula: ESQ Tips for Safet Riding.


TAGS safety riding lalu lintas UU 29 tahun 2009 blogger for safety riding


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post